Hallo rekan operator sekolah!
Dalam tulisan ini saya akan berbagi cara untuk membuat dapodik dan e-raport bisa diakses secara online. Keuntungannya adalah ‘pengguna’ dalam hal ini kepala sekolah, operator, guru, dan siswa bisa mengakses aplikasi dapodik dan e-raport kapan saja dan dimana saja tanpa harus terhubung dengan jaringan lokal sekolah seperti wifi atau dengan kabel LAN.

Pada tutorial ini saya jelaskan dulu perangkat atau hardware yang saya gunakan. Yaitu :

1. Komputer sebagai server dengan spesifikasi pada gambar dibawah

2. Router ZTE F609 dari Telkom

Dengan spesifikasi komputer dan router tersebut diatas saya melakukan ujicoba pertama kali untuk mengakses aplikasi yang ada pada server dengan menggunakan 20 laptop client secara bersamaan. Hasilnya buruk, ada beberapa laptop yang tidak bisa terkoneksi dan mengakses aplikasi bahkan aplikasinya pun sampai error. Akhirnya saya mengurangi traffic pada server dan router dengan menggunakan 10 laptop client secara bersamaan dan hasilnya baik sampai sekarang masih berjalan dengan lancar.

Jumlah pengguna aktif di SDN Pisangan Timur 13 sekitar 26 orang, jika di sekolah teman-teman sama atau mungkin kurang dari itu saya kira layak untuk mengikuti tutorial saya. Jika lebih juga mungkin masih bisa apabila pengguna tidak mengakses secara bersamaan. Kalau mau lebih lancar lagi teman-teman bisa menggunakan server dan router dengan spesifikasi yang lebih baik lagi.

Klik disini untuk lanjut ke PART 2