E-Raport adalah aplikasi penilaian peserta didik bagi sekolah yang menyelenggarakan Kurikulum 2013. Aplikasi milik Dit. PSD ini dikembangkan oleh beberapa orang ahli dari SMA dan SMK dan sudah terintegrasi dengan dapodik sekolah.

Di SDN Pisangan Timur 13, mulai semester 1 tahun pelajaran 2019-2020 telah dilakukan ujicoba di kelas 6 saja. Sementara, untuk pembuatan raport kelas 1 sampai dengan kelas 5 guru kelas masih menggunakan aplikasi berbasis sheet atau Microsoft Excel, namun setelah dicetak dan dibagikan kepada orang tua peserta didik guru wajib menginput ulang pada aplikasi E-Raport sampai dengan 31 Maret 2020. Kenapa harus diinput kedalam E-Raport? Jawabannya agar mulai tahun pelajaran 2019-2020 nilai peserta didik dapat disyncronekan dengan Data Pokok Pendidikan sehingga rekam didik peserta didik akan lebih baik lagi karena sudah dilengkapi dengan nilai raport. Setelah disyncronekan dengan dapodik, nilai tersebut akan tersimpan didalam database dapodik dan bisa didownload ulang selama peserta didik tersebut terdaftar di sekolah. Jika peserta didik tersebut mutasi, data nilai yang tersimpan di dapodik akan ikut pindah ke sekolah yang baru seiring dengan dipindahkannya data peserta didik pada aplikasi dapodik yang dikelola oleh admin sekolah.

Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dan sumber daya manusia, selama beberapa bulan ini kami melaksanakan pelatihan penggunaan komputer bagi guru. Pada bulan Januari – Februari 2020 ini, kami akan fokus pada pelatihan penggunaan E-Raport bagi guru mata pelajaran dan wali kelas, dan mulai semester 2 tahun 2019-2020 diharapkan semua kelas sudah menggunakan E-Raport.

Berikut kami jelaskan langkah-langkah untuk membuka E-Raport SDN Pisangan Timur 13 secara online (menggunakan internet diluar jaringan sekolah) dengan user guru dan wali kelas:

  • Pastikan laptop terkoneksi dengan internet.
  • Buka website sdnpistim13.sch.id pada browser anda. Lebih disarankan untuk menggunakan browser Google Chrome atau Mozilla Firefox.
  • Sorot menu Aplikasi dan pilih submenu E-Raport lalu anda akan dialihkan pada IP Public server.
  • Setelah terbuka tampilan aplikasi seperti dibawah ini, kemudian masukan username dan password yang telah diberikan oleh admin atau operator sekolah.
  • Pilih level user “Guru” untuk login sebagai guru atau pilih level user “Wali Kelas” untuk login sebagai wali kelas. Perbedaannya akan saya jelaskan dalam video dibawah ini.
  • Pilih semester yang sedang berjalan.
  • Klik tombol “Login”.

Yang harus diperhatikan dengan teliti adalah pada saat memasukan username dan password. Format penulisan “case sensitive”, jadi apabila salah dalam penggunaan huruf besar dan kecil saja maka anda tidak akan bisa masuk ke dalam aplikasi. Yang perlu digaris bawahi adalah alamat IP diatas menggunakan IP Public jadi bisa diakses dari mana saja tidak perlu terkoneksi dengan jaringan sekolah. Apabila anda sedang terkoneksi dengan jaringan sekolah silahkan gunakan alamat http://192.168.100.181:2050. Perlu dicatat juga, untuk sementara ini server hanya dihidupkan pada hari senin-jum’at pukul 07.00 WIB – 15.00 WIB. Jadi aplikasi bisa diakses pada hari dan waktu tersebut. Pada kondisi tertentu server akan dihidupkan selama 24 jam jika memang diperlukan.

Demikian langkah-langkah untuk masuk ke dalam aplikasi E-Raport SDN Pisangan Timur 13. Apabila menemukan kesulitan silahkan hubungi admin. Salam Inovasi. -rpnmdns

“Video akan segera dibuat”.